Artikel Lantai Kayu, Tips Lantai Kayu

Lantai Kayu Terjungkit (Buckling), Penyebab dan Solusinya

Lantai kayu yang dipasang dengan benar dan dirawat akan terlihat bagus selama bertahun-tahun. Tetapi perubahan kelembaban dan suhu dapat menyebabkan kayu berkontraksi dan mengembang.

Salah satu masalah paling umum yang terkait dengan kelembaban berlebih disebut buckling – lantai kayu terpisah dari lantai dasar (yang sering disertai dengan kembung atau pembengkakan).

Lantai kayu terjungkit

Penyebab Lantai Kayu Terjungkit (Tekuk)

Seperti yang saya sebutkan di atas satu-satunya penyebab selalu kelembaban disebabkan oleh:

  • kelembaban lokasi kerja yang berlebihan,
  • rumah yang dibiarkan kosong tanpa ventilasi untuk waktu yang lama,
  • lempengan lantai beton basah,
  • masalah drainase,
  • atap bocor,
  • kebocoran pipa.

 

Faktor-faktor yang dapat memperburuk masalah termasuk:

  • pemasangan lantai paku yang salah (konstruksi lantai bawah yang salah, paku yang tidak memadai),
  • kontaminasi atau pemisahan perekat dan lantai bawah tidak memadai atau salah untuk lantai lem-down,
  • celahekspansi yang tersisa di sekeliling ruangan yang tidak cukup besar. Celah ekspansi adalah bagian yang sangat penting dari pemasangan lantai kayu yang tepat. Ketika lantai dipasang, Anda harus ingat bahwa setiap papan akan mengembang ketika kelembaban ruangan meningkat. Jika Anda memiliki 20 baris papan dan masing-masing mengembang 0,5-0,7mm, ini berarti bahwa seluruh lantai dapat mengembang 10-14mm. Pengukuran ini berlaku untuk suhu rata-rata (sekitar 20-22C) dan kelembaban (40-45%) dan Anda harus ingat bahwa spesies lantai kayu yang berbeda bereaksi secara berbeda.

 

Memperbaiki lantai Kayu Terjungkit atau Melengkung

Pertama, Anda harus memperbaiki kondisi kelembaban yang berlebihan dan membiarkan lantai mengering ke tingkat normal. Setelah lantai kering, Anda dapat mempertimbangkan perbaikan dan pemasangan kembali di tempat serta penyempurnaan dan penggantian permukaan tetapi dalam banyak kasus diperlukan penggantian area yang rusak.

Seringkali, lantai kayu yang menggembung akan mengering dan kembali ke kondisi normal sendiri, terutama lantai atau parket yang dilaminasi yang tidak terlalu lama terkena uap air.

Cukup lap semua air, dan biarkan kering. Menempatkan pemanas ruangan atau kipas angin di dekat titik basah akan mempercepat proses. Jika lantai tertekuk atau berubah warna secara permanen, Anda harus mencungkil area di luar kerusakan dan pergi ke showroom lantai kayu untuk menemukan produk yang cocok untuk menggantinya.

Lidah lantai kayu solid harus dipotong dengan gergaji dan pahat, dan ini membutuhkan keterampilan dan peralatan yang memadai, jadi pertimbangkan untuk memanggil profesional untuk ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *